Tips Mengatasi WhatsApp Lemot, Langsung Ngebuut

Indofintech Pasti menyebalkan rasanya jika aplikasi sehari-hari yang kita gunakan yaitu WhatsApp terasa sangat lambat saat digunakan. Ada beberapa settingan yang mesti diatur, supaya lancar kembali.

Kebanyakan penyebab dari WhatsApp yang lemot berasal dari ponsel kita sendiri. Oleh karena itu, beberapa pengaturan dan penyesuaian perlu dilakukan supaya WhatsApp jadi lincah kembali :

1. Hapus chat WhatsApp lama

Salah satu sebab WhatsApp lemot adalah karena ada chat dari ratusan kontak dan grup yang Anda biarkan bertumpuk dan terlupakan. Sadarkah Anda, sebenarnya hanya ada sekitar puluhan kontak saja yang aktif melakukan chat saat ini.

Sementara itu, ada chat dari ratusan kontak yang tertimbun jika Anda mau rajin scroll sampai bawah di daftar chat WhatsApp. Hal itu bisa jadi gangguan untuk kinerja WhatsApp.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk menghapus pesan WhatsApp lama dan sudah tidak penting lagi. Inilah caranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih chat yang ingin dihapus, tekan beberapa saat sampai muncul menu di bagian atas
  • Pilih chat lain jika ada yang ingin dihapus sekaligus
  • Pilih Delete atau ikon tempat sampah
  • Pada pertanyaan ‘Delete this chat?’, konfirmasi dengan pilih Delete this chat

Baca Juga: Pinjaman Online 24 jam Cepat Cair Terpercaya di 2022

2. Clear cache WhatsApp

Clear cache menjadi solusi umum untuk aneka aplikasi yang lemot, termasuk pada WhatsApp. Cache yang dibiarkan menumpuk untuk waktu yang lama, membuat ruang penyimpanan sementara semakin menggunung. Oleh karena itu, membersihkan cache pada WhatsApp juga bisa membantu aplikasi ini jadi lebih gacor. Inilah caranya:

  • Buka Setting pada ponsel
  • Pilih Apps -> pilih App Management -> pilih WhatsApp
  • Setelah itu pilih Storage Usage dan akan tampil penggunaan Cache
  • Pilih Clear Cache

3. Instal ulang WhatsApp

Solusi sederhana lainnya yang bisa dicoba adalah instal ulang WhatsApp. Cara ini juga bisa menjadi solusi masalah WhatsApp lemot. Caranya simpel, uninstal WhatsApp Anda. Setelah itu instal ulang dengan mengikuti petunjuknya.

4. Atur RAM smartphone
WhatsApp Anda lemot bisa jadi karena RAM penuh menjalankan terlalu banyak aplikasi. Oleh karena itu, membersihkan RAM bisa menjadi cara yang patut dicoba untuk membuat WhatsApp kembali lincah.

Ada dua cara yang bisa dilakukan:

  • RAM Expansion
    Jika memori HP masih banyak yang kosong, Anda bisa manfaatkan sebagai RAM Expansion dengan fitur bawaan ponsel
  • RAM Cleaner
    Kebalikannya, jika RAM memang penuh, bisa memanfaatkan fitur bawaan RAM cleaner. Atau, bisa pakai aplikasi RAM cleaner

5. Update WhatsApp ke versi terbaru
Jangan-jangan masalah WhatsApp Anda yang lemot karena belum update ke versi terbaru. Beberapa setelah ponsel memang auto update aplikasi. Namun ada yang tidak, atau karena suatu hal, tidak langsung meng-update dengan WhatsApp versi terbaru.

Untuk itu, coba buka lagi Google Play Store atau App Store. Jika ada pilihan untuk update, berarti memang WhatsApp Anda belum versi terbaru.

6. Restart smartphone
Cara sederhana lainnya untuk mengatasi WhatsApp lemot adalah restart ponsel Anda. Terkadang ponsel butuh dinyalakan ulang, hitung-hitung sebagai penyegaran. Dengan restart, ponsel akan kembali melakukan prosedur penyalaan seperti pada kondisi awal. Harapannya, aneka masalah lemot pun teratasi.

7. Masalah SIM Card
Banyak orang memakai dua SIM Card di smartphone-nya. Kalau sering gonta-ganti memakai WhatsApp dari dua SIM Card ini, disarankan agar tidak melakukannya. Gunakanlah SIM Card yang nomornya memang terdaftar untuk akun WhatsApp Anda.

8. Masalah umur gadget
Pembaruan aplikasi WhatsApp ada faktor gadgetnya juga. Kalau WhatsApp lambat, jangan-jangan karena smartphone Anda sudah tua. Akibatnya ponsel Android atau iPhone Anda tidak mendapatkan update aplikasi WhatsApp. Nah, kalau sudah begini, solusinya memang mesti beli ponsel baru yang kompatibel.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan solusi permasalahan tentang WhatSapp Lemot Terselesaikan.